Tanaman Sirih Gading dengan Daunnya yang Lembut

Daun tanaman ini berbentuk hati, dengan paduan warna hijau, putih dan kuning gading. Ia mampu menciptakan suasana indah dan sejuk dalam ruangan maupun teras rumah.

tanamen.com. Sirih gading berupa tanaman pemanjat dari suku Araceae yang bernama latin Scindapsus aureus. Daunnya yang berbentuk hati itu runcing ujungnya, perpaduan warna kuningnya lembut sehingga orang sering menyebutnya sirih gading. Ada juga orang yang menyebut tanaman ini dengan sirih belanda, walaupun sebenarnya tanaman ini tidak berasal dari negeri Belanda.

Sirih gading berasal dari kepulauan Solomon. Di alam bebas tanaman ini merambat pada batang pohon hingga bisa tinggi sekali. Oleh karena itu sirih gading ini cocok kalau ditanam merambat pada para-para, dirambatkan pada tiang penyangga, atau ditanam dalam pot gantung.

Sirih gading, walaupun tanpa bunga, cukup populer sebagai tanaman hias ruangan. Ada dua varietasnya yang populer karena keindahan daunnya, yaitu varietas Marble Queen dan tricolor.

Scindapsus aureus “Marble Queen”

tanaman sirih gading kuning tanam tumbuhan manfaat hias harga gambar jual gantung asal budidaya cara ciri merawat menanam memperbanyak daun dan khasiat foto fungsi nama ilmiah jenis klasifikasi kondisi latin morfologi materi tentang perawatan rambat sejarah

Ukuran daunnya lebih kecil dari Scindapsus aureus yang biasa, tetapi warna kuning gading dan putihnya sangat dominan pada varietas ini. Daunnya juga disemarakkan lagi dengan garis hijau seperti gambaran marble atau marmer sehingga disebut varietas Marble Queen.

Untuk memelihara agar warna daunnya tidak pudar, ia sebaliknya diletakkan di tempat yang terkena 75 persen sinar matahari. Kalau kurang dari itu, warna putih dan kuningnya akan memudar sehingga daunnya menjadi hijau semua.

Varietas ini merambat tidak terlalu tinggi, cocok ditanam dalam pot gantung. Batang dan daunnya lebat hingga bisa menjuntai menutupi permukaan pot.

Scindapsus aureus “tricolor”

Varietas ini daunnya lebih besar dari pada Scindapsus aureus biasa. Sesuai dengan namanya, daunnya mempunyai tiga warna, yaitu hijau, kuning, dan putih. Ia lebih semarak daripada Marble Queen. Bisa merambat lebih panjang sehingga bisa dililitkan pada batang atau tunggul pohon.

BACA :  4 Jenis Hama Perusak Tanaman Kaktus

Jika ditanam dalam pot, sebaiknya diberi tiang rambatan yang dilapisi sabut kelapa atau ijuk yang dapat menyimpan air.

Kedua varietas ini cocok ditempatkan di teras rumah dan di dalam ruangan. Namun paling lama satu minggu ia harus sudah dikeluarkan di udara terbuka, agar dapat memulihkan kondisinya yang menurun selama berada dalam ruangan.

Jenis lain dari Sirih Gading adalah Scindapsus pictus. Varietasnya bernama argyraeus, bisa tahan dalam ruangan sampai satu bulan, karena sinar matahari yang dibutuhkan lebih sedikit dan daunnya agak tebal hingga mampu menahan lembap lebih lama. Sayang, jenis yang daunnya hijau keperakkan ini masih jarang. Tanaman Sirih Gading dengan Daunnya yang Lembut